Popular Posts

Review tentang Pak Ade

Thursday, January 14, 2010




Saat diberikan tugas ini oleh pak Ade, dalam hati penulis langsung terbayang tulisan yang tajam dan kontroversial, yang berani dan jujur, yang bersih dan netral. Maka, sebelum pembaca termasuk pak Ade membaca tulisan ini, mohon maaf bila tulisan penulis seperti itu.



Ade Hendriadi S. Si adalah Dosen Pengantar Teknik Infomatika semester satu. Seorang dosen yang terlalu “baik”menurut penulis dari segi mengatasi Mahasiswanya. Saat memergoki Mahasiswanya mengobrol di kelas dan membuat kegaduhan Pak Ade hanya menegurnya, harusnya bisa diberikan hukuman yang lebih berat. Menurut penulis mengobrol saat dosen menyampaikan materi adalah sebuah tindakan yang tidak bisa dimaafkan karena mengusik konsentrasi Mahasiswa lain dalam menyimak Materi, bisa sangat berbahaya bila konsentrasi Mahasiswa terganggu, karena akan mengubah persepsi pemahaman materi yang diinginkan Dosen. Selebihnya Pak Ade adalah Dosen yang berdedikasi tinggi, dia selalu menerima konsultasi Mahasiswanya meski dalam keadaan sibuk sekalipun, dia selalu mengajak Mahasiwanya untuk tidak menyerah saat Mahasiswanya tertimpa kesulitan materi logika dan Kalkulus, namun dia selalu terlalu baik. Pak Ade galaklah sedikit ! agar Mahasiswa-mahasiswa sedikit serius dalam menyimak Materi. (galak banyak juga gak apa-apa Pak !!!. hehehehehhehehhehehe)
Beralih ke pembahasan apa yang penulis inginkan dari pak Ade. Banyaknya tugas tidak menjadi masalah buat penulis karena terbukti membuat penulis makin rajin membuka google.com dan tanpa sengaja mendapat banyak ilmu baru di dalamnya. Yang menjadi masalah adalah banyaknya tugas yang tidak bisa dipertanggung jawabkan keasliannya (baca :copy paste), yang penulis inginkan suatu saat pak Ade melakukan interview untuk para Mahasiswa Penulis Blog untuk mempertanggung jawabkan tulisannya. Pak Ade pernah bilang,tulisan plagiat berciri-ciri biasanya redaksinya bagus dan rapih, penulis TIDAK setuju dengan hal itu. Bagaimana bila Mahasiswa yang menulis di blognya adalah penulis professional ?. tentunya “tanpa sengaja” tulisan yang dihasilkan memiliki redaksi bagus dan rapih, kerugian akan diderita tipe-tipe Mahasiwa seperti itu. Mungkin indikator copy paste menurut penulis adalah interview untuk memeriksa keaslian tulisan, bila sang penulis blog lolos dari Interview maka terbukti tulisannya adalah hasil karyanya sendiri (meski sumber tulisannya dari orang lain) . Namun bila tidak keaslian tulisannya wajib dipertanyakan.


0 caci-maki:

Faizol Yuhri

Followers


ShoutMix chat widget